Monday, March 24, 2008

Sperma Gesit dengan Tomat

Jangan terlalu jauh untuk mencari obat kuat. Obat kuat itu ternyata ada di tomat. Tahukah Anda buah tomat itu? Hasil penelitian mendalam para ilmuwan kedokteran di India, berhasil membuktikan konsumsi tomat sangat membantu mendorong tingkat kelincahan sperma, bahkan sampai memperbaiki mutu sperma.

Para peneliti yang tergabung dalam All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, India, sebagaimana ditulis Reuters Health, melibatkan 30 pria tak subur sebagai responden. Para responden yang berusia 23-45 tahun itu mempunyai persoalan utama berkisar pada jumlah, mobilitas, dan bentuk sperma yang tidak normal. Problem itulah yang membuat mereka tidak sanggup membuahi sel telur pasangannya.

Penelitian yang dipimpin Rajeev Kumar dan N.P. Gupta itu�keduanya ahli urologi berawal dari fakta bahwa testis organ penghasil sperma pria yang subur mengandung banyak likopen (lycopene). Fakta yang lain, senyawa likopen merupakan satu dari 650 jenis provitamin A (karotenoid) yang sangat sedikit dijumpai pada testis laki-laki infertil. Likopen sendiri adalah senyawa yang banyak terkandung dalam tomat, anggur, semangka, dan kerang-kerangan.

Caranya, menurut penelitian tersebut, selama tiga bulan, responden meminum dua miligram likopen dua kali sehari. Hasilnya, terjadi peningkatan jumlah dan aktivitas sperma pada 21 responden. Struktur sperma pada 63 persen responden juga membaik. Bahkan, pasangan enam responden dilaporkan hamil setelah riset usai.

Bagaimana hal itu bisa dijelaskan? Kumar mengakui belum memahami kaitan fisiologis antara likopen dan kesuburan pria. Namun, peneliti ini menekankan bahwa tak ada ruginya menggenjot konsumsi sumber alami likopen untuk meningkatkan mutu sperma. Dengan kata lain, kita juga tak ada salahnya, mulai mencoba memangsa tomat atau semangka sebanyak-banyaknya, agar sperma menjadi pelari yang cepat dan sehat luar biasa.

No comments: