Friday, January 23, 2009

Hubungan Antara Bersin Dan Seks


Kaum perempuan yang curiga pada pria 'berotak mesum', mungkin bisa memastikan hal itu dari bersin. Sepasang dokter Inggris mengatakan bahwa bersin bisa merupakan tanda bahwa seseorang sedang memikirkan seks.

Dalam terbitan bergengsi, Journal Royal Society of Medicine, Mahmood Bhutta dan Harold Maxwell mencontohkan kasus seorang pasien tengah-baya yang bersin tak terkendalikan setiap kali membayangkan seks. Dua dokter itu penasaran lalu mereka mencari bukti lebih banyak lewat ruang-ruang chat di Internet.

Bukti yang didapat mungkin masih kurang kuat, tapi dilaporkan bahwa 17 orang baik pria maupun wanita, bersin setiap kali terbersit seks di benak mereka. Tiga lainnya selalu bersin setelah orgasme.

Bhutta, dokter ahli telinga, hidung dan tenggorokan di RS. John Radcliffe di Oxford, mengatakan bahwa fenomena itu mungkin sebenarnya lebih luas lagi dan bahkan mungkin merupakan sesuatu yang diwariskan. "Ini tentunya ganjil, tapi saya pikir refleks ini menunjukkan peninggalan evolusioner dari jaringan pada bagian sistem saraf yang disebut sistem saraf otonomik," ujar Bhutta.

"Bagian ini di luar kendali kita, dan mereka mengontrol detak jantung maupun jumlah cahaya yang masuk ke pupil mata. Kadang-kadang sinyal dalam sistem ini tertukar, saya pikir mungkin ini penyebab beberapa orang bersin ketika terbayang seks."

Bhutta mengemukakan hanya ada satu atau dua rujukan untuk kasus seks dan bersin yang dipublikasikan dalam literatur medis. Paling akhir adalah tulisan di Jurnal Asosiasi Kedokteran AS pada tahun 1972 yaitu tentang laki-laki berumur 69 tahun yang mengeluh bersin berat setiap kali selesai orgasme. Bhutta menduga, faktor malu atau khawatir dijauhi masyarakat telah membuat topik tersebut jarang terangkat.

2 comments:

ferdy said...

ada ada aja....nanti ga cuman bersin yang dihubung2kan dgn seks..menguap juga bisa aja..

meong9irl said...

loh...memang bnr kok,,contohnya aku..tiap kali trbersit hayalan sex aku suka tiba2 bersin..hihii