Thursday, April 17, 2008

Pizza Bisa Jadi Makanan Cinta


Masih ingat tembang "That's Amore" yang dulu tenar dilantunkan Dean Martin dalam salah satu soundtrack film THE CADDY (1953) yang syairnya: "When the moon hits your eye, like a big-a pizza pie, that's amore, when the stars seem to shine, like you've had too much wine, that's amore.

Mungkin saat itu Dean Martin tak pernah menyangka bahwa kata pizza dalam syair lagunya bisa mewakili simbol cinta, roman, dan gairah seksual, tapi bagi para peneliti pizza bisa menjadi makanan cinta.

Berbicara di luar konteks pizza dalam lagu Dean Martin yang memang sejatinya hanya sebagai sebuah ungkapan untuk kekasihnya, ternyata para peneliti mengklaim aroma, rasa dan penampilan makanan seperti pizza terbukti bisa meningkatkan rangsang seksual.

Dalam laporan penelitian yang dilansir dari situs kesehatan pria, 4men.org, yang menganalisa kualitas rangsang seksual yang timbul dari beragam aroma, ternyata juga memasukkan aroma pizza dalam list mereka. Dalam list tersebut pizza beraroma keju tercatat bisa menaikkan ketertarikan romantis pria sebesar lima persen.

Selain aroma, topping (taburan pada bagian atas pizza) yang biasanya terdiri dari tomat, bawang putih, bawang bombay, basil, minyak zaitun, lada cabe, dan artichokes (sayuran khas Mediterania) adalah beberapa jenis taburan yang memiliki reputasi sebagai aphrodisiacs (zat penambah gairah seks).

Mungkin belum banyak orang yang mau memasukkan sepotong pizza sebagai 'makanan cinta' mereka, namun bahan-bahan yang terkandung dalam topping pizza memiliki banyak khasiat yang tak hanya meningkatkan gairah sekual, tapi juga membuat pikiran rileks, memperbaiki suasana hati (mood), dan tentu juga membuat perut kenyang.

Kandungan Topping

Berikut beberapa alasan kenapa para ilmuwan juga memasukkan pizza sebagai makanan cinta:

- Tomat, yang lebih sering dijumpai sebagai teman menyantap pizza (dalam bentuk saus tomat) dan sebagai topping pizza. Orang Perancis menyebut buah berwarna merah ini sebagai 'pomme d'amour' (apel cinta) atau 'love apples' oleh orang Amerika kuno. Tak salah jika tomat menyandang gelar tersebut, pasalnya buah berbiji banyak ini mengandung selenium, yaitu zat anti oxidan, yang turut berperan menghasilkan hormon seks seperti progesterone, testosterone dan estrogen. Selain juga tomat terbukti ampuh mencegah kanker prostat.

- Bawang Bomay. Bumbu wajib dalam setiap resep masakan ini sudah dikenal sebagai aphrodisiac oleh orang Hindu dan Arab sejak jaman dulu. Bahkan di Perancis, sup bawang bombay selalu menjadi menu khusus untuk pengantin baru untuk mengaktifkan dan menaikkan ransang seksual.

- Bawang putih telah lama diyakini memiliki khasiat menyembuhkan penyakit dan sudah menjadi resep makanan cinta orang Mesir, Yunani, Roma, Cina dan Jepang. Salah satu rempah dapur ini memang terbukti memiliki segudang khasiat, meskipun cenderung beraroma menyengat. Bawang putih mengandung allicin untuk melancarkan peredaran darah ke organ seksual, selain juga meningkatkan libido.

- Basil. Daun yang dikenal sebagai "king of herbs" ini memiliki daya rangsang paling ampuh dibanding beragam rempah dapur lainnya. Basil terbukti bisa menaikkan libido, meningkatkan kesuburan pada pria, dan membantu memperbaiki rasa nyaman tubuh dan pikiran.

- Zaitun. Zaitun hijau diyakini bisa membuat pria lebih jantan, sementara zaitun hitam membantu cepat meningkatkan gairah seksual pada wanita.

- Lada-Cabe. Makanan berasa pedas dimasukkan dalam kategori aphrodisiacs karena mereka memberikan efek yang sama dengan pengalaman saat berhubungan seks.

Keenam rempah dapur tersebut juga memiliki andil menghasilkan hormon seks seperti progesterone, testosterone dan estrogen, yang akan hilang dalam jumlah cukup banyak saat pria ejakulasi.

Nah, untuk mengimbanginya, vitamin E dan Niacin bisa sangat berperan mengembalikan stamina usai berhubungan seks, yang jelas jika Anda bosan dengan makananan pendongkrak gairah seks, seperti coklat, tiram, ataupun suplement penambah gairah seks, kenapa tak memulai memasukkan pizza dalam list kuliner seks Anda. Tentu, memesan pizza kaya sayuran bisa menjadi pilihan bijak bagi kesehatan Anda.

No comments: