Thursday, April 17, 2008

Duh Sulitnya Mencapai Orgasme

Para peneliti memperkirakan 12% dari wanita tidak pernah mencapai klimaks dan 75% tidak mendapatkan orgasme ketika melakukan hubungan seks. Apakah ini disebabkan karena masalah fisik, emosional atau bahkan keduanya?

Masalah fisik

Masalah fisik di sini yang paling banyak terjadi yaitu kurang cukupnya rangsangan pada klitoris. Kebanyakan wanita membutuhkan sentuhan langsung pada bagian ini untuk mencapai orgasmenya, yang mana sering tidak bisa dipenuhi saat hubungan seks itu sendiri.

Faktor kedua yang paling umum terjadi adalah kelelahan dan sedang sakit. Tubuh kita bukanlah mesin. Anda tidak akan mendapatkan orgasme hanya dengan menekan tombol yang tepat. Jika fisik anda sedang drop, prioritas badan Anda adalah tidur dan pemulihan, bukan kepuasan seksual.

Masalah medis

Ada beberapa penyakit yang membuat orgasme sulit dicapai. Kebanyakan dari itu berupa gangguan pembuluh darah, sistem syaraf dan kekurangan hormon.

Beberapa pengobatan khusus juga bisa menimbulkan efek samping yang dapat menimbulkan masalah ini. Seringkali, operasi panggul bisa menyebabkan kerusakan syaraf dan kehilangan kepekaan terhadap rangsangan.

Jika Anda merasa masalah-masalah ini terjadi pada Anda, coba konsultasikan dengan dokter Anda. Tapi jika punya kondisi fisik yang bagus dan sudah tidur dengan cukup, mungkin kesulitan mendapatkan orgasme lebih disebabkan karena masalah psikis.

Masalah psikis

Teman Anda mungkin menganjurkan mencoba untuk santai, tetapi kalau hanya begitu sederhana pasti Anda sudah bisa melakukannya sekarang. Masalahnya di sini, problem psikis bukanlah hal yang bisa dijelaskan secara rasional.

Beberapa macam masalah yang biasa terjadi pada wanita. Coba lihat mungkin ada yang sesuai dengan yang Anda alami:

- Terlalu perfeksionis
Semua ingin serba sempurna. Mulai dari cara berhubungan seks, suasana sampai pada mood pun harus benar-benar dalam keadaan yang sempurna.
- Takut lepas kendali
Sifat ini mempengaruhi banyak aspek dalam hidup Anda, bukan hanya pada seks.
- Kepercayaan diri yang rendah
Lebih khawatir dengan bentuk badan Anda daripada menikmati rangsangan seksual pasangan Anda adalah pembunuh utama nafsu Anda.
- Malu atau perasaan bersalah terhadap seks
Hal ini mungkin disebabkan masa kecil yang kurang baik atau karena adanya suatu trauma seksual.
- Kecemasan
Apakah anak-anak sudah tidur? Jangan-jangan telpon akan berbunyi? Apakah bisa terdengar sampai tetangga? Kucingnya sudah dikeluarkan atau belum? Sudah kirim laporan atau belum ya?
Jika semua kecemasan itu ada dalam pikiran Anda, itu berarti pikiran Anda sama sekali tidak berada dalam hubungan seks yang Anda lakukan.
- Menjadi seorang penonton
Anda mungkin bisa mengatakan menunggu ketika sedang memasak air malahan terasa tidak kunjung mendidih. Hal ini juga berlaku dalam orgasme. Jika Anda terus menunggu-nunggu momen itu, Anda malah tidak akan dapat menikmatinya.
- Hubungan yang bermasalah
Anda tentu tidak dapat mengharapkan bisa mendapatkan seks yang menyenangkan dengan seorang musuh. Jika ada ketegangan dalam hubungan Anda, selesaikan dulu sebelum Anda masuk ke dalam kamar tidur.

Solusi sederhana yang langsung bisa dicoba

- Jika Anda merasa tidak mendapatkan stimulasi yang diharapkan, Anda mungkin perlu menunjukkannya bagian mana yang dapat membuat Anda merasa nyaman.
- Pertama, coba eksplorasi tubuh Anda sendiri. Jelajahi setiap bagian dari badan, coba ingat-ingat dan kalau perlu Anda catat bagian mana yang menimbulkan sensasi rasa nikmat pada Anda.
- Kemudian saat Anda melakukan hubungan seks, coba letakkan tangan Anda di atas tangan pasangan Anda dan secara perlahan coba arahkan ke bagian yang dapat menimbulkan rasa rangsangan pada Anda. Jika masih ada rasa canggung untuk melakukan itu, minta pada pasangan Anda untuk menunjukkan bagian mana dari mereka yang paling peka terhadap rangsangan, kemudian tunggu giliran Anda!

Pemicu Orgasme

Ada beberapa cara yang mana dapat membantu Anda dapat mencapai pengalaman seksual yang memuaskan:

- Tarik nafas dalam-dalam atau bernafaslah pendek-pendek secara cepat. Hal ini agar oksigen mengalir merata di otot-otot yang masih tegang.
- Lengkungkan punggung Anda atau coba posisi yang berbeda untuk memaksimalkan rangsangan pada klitoris.
- Pijat secara teratur otot dasar panggul Anda.
- Ambangkan pikiran Anda pada fantasi favori Anda untuk menghilangkan semua pikiran negatif dan gangguan-gangguan yang ada.

No comments: